Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan daun tempuyung yang sangat luar biasa, maka menghasilkan manfaat daun tempuyung untuk kesehatan tubuh.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia . Pada kesempatan kali ini kami akan posting manfaat daun tempuyung untuk kesehatan.

Tumbuhan tempuyung sejatinya memiliki nama latin “Sonchus arvensis L.” merupakan tumbuhan yang sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman obat tradisonal atau herbal. Tumbuhan tempuyung merupakan salah satu tumbuhan yang masuk ke dalam kategori multifungsi.

Penelitian Seputar Daun Tempuyung beserta Manfaatnya

manfaat daun tempuyung untuk kesehatanTempuyung (Sonchus arvenshis L) termasuk dalam famili tanaman compositae. Daunnya berwarna hijau agak keunguan, pinggirannya bergelombang tak beraturan dan bergerigi. Daun tempuyung inilah yang diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi beragam keluhan atau penyakit. Diantaranya untuk meredakan demam, meluruhkan kencing (diuretik), menurunkan tekanan darah tinggi, serta menghancurkan batu ginjal .

Daun tempuyung rasanya pahit tapi punya efek mendinginkan. Sebenarnya semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan, namun yang paling sering dijadikan obat adalah daunnya.

Tempuyung sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, terutama untuk penyakit batu ginjal karena sifatnya yang diuretik (peluruh). Namun, kandungan tempuyung yang terdiri dari berbagai mineral dan senyawa aktif membuat tempuyung juga mampu mengatasi aneka penyakit lainnya. Kandungan-kandungan tadi lebih banyak terdapat pada daun tempuyung. Daun tempuyung mengandung ion-ion mineral seperti silika, kalium, magnesium, dan natrium. Daun tempuyung juga mengandung senyawa organic seperti flavanoid (kaempferol, luteolin-7-0 glukosida, dan apigenin-7-0-glukosida), taraksasterol, inositol, kumarin (skepoletin), dan asam fenolat (sinamat, kumarat, dan vanilat).

Dengan kandungan tempuyung tersebut, tempuyung mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menetralkan dan melancarkan peredaran darah, memperlancar pengeluaran air kencing, menurunkan panas, menawarkan racun, serta pendengaran berkurang. Tempuyung juga bersifat antiradang sehingga bisa digunakan untuk mengobati radang salurang kencing, radang usus, hingga radang. Tempuyung juga berkhasiat mengurangi bengkak. Maka, tanaman ini juga bisa untuk mengobati bisul serta wasir.

Daun tempuyung memiliki manfaat sebagai obat herbal dikarenakan kandungan senyawa-senyawa yang dimilikinya. Beberapa diantaranya ialah saponin, flavonoid, polifenol, beta-lactucerol, alfa-lactucerol, inositol, manitol, kalium, taraksasterol, dan silika.

Suatu penelitian dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta berkenaan manfaat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal . Beliau merendam beberapa batu ginjal yang sudah dikeluarkan dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35 derajat celcius.

Dalam percobaan ini, sebagian rendaman batu ginjal digoyangkan menyerupai gerakan dalam tubuh, dan sebagian lagi didiamkan. Sesudahnya, batu ginjal ditimbang dan kandungan kalsium dalamnya diukur secara kimiawi. Hasilnya memuaskan karena seluruh batu ginjal percobaan berkurang bobotnya.

Beliau juga meneliti kemampuan daun tempuyung dalam meluruhkan batu ginjal dengan menggunakan sinar rontgen dan memeriksa kristal dalam air seni. Hasil penelitian ini pun sama-sama memuaskan, daun tempuyung sanggup menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh. Dan dari hasil penelitian lain didapati bahwa kandungan kalium dalam daun tempuyung yang berperan penting dalam peluruhan batu ginjal.

Daun tempuyung memang memiliki kalium yang cukup limpah. Kalium sanggup menguraikan kalsium karbonat dengan cara menggabungkan diri bersama senyawa karbonat, oksalat, atau kristal urat yang adalah komponen batu ginjal. Ini menyebabkan endapan batu ginjal akhirnya terpecah dan gampang larut bersama urin.

Selain sebagai obat batu ginjal, terdapat cukup beragam manfaat daun tempuyung lainnya. Salah satunya sebagai obat asam urat . Hal ini masih berkaitan erat dengan kemampuan tempuyung untuk melarutakan kristal urat dalam kasus batu ginjal. Penderita asam urat mengalami pengendapan kristal urat di pembuluh darah kapiler yang kerap menimbulkan nyeri menyakitkan di persendian.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun tempuyung untuk kesehatan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs https://caramemperbaikikinerjaginjal.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s