Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Manfaat Sehat Mengkonsumsi Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Ribuan manfaat gandum bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin setiap hari karena peran gandum yang kaya akan serat alami.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi green world pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai Manfaat Gandum Bagi Kesehatan. Mungkin gandum bukan menjadi menjadi makanan pokok bagi masyrakat negara kita. Namun konsumsi gandum bisa menjadi alternatif yang baik ketika kamu bosan makan nasi. Apalagi gandum sangat bagus dalam mengurangi lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Anda penasaran akan Manfaat Gandum Bagi Kesehatan? Simak ulasan berikut sampai dengan tuntas!.

Manfaat gandum bagi kesehatan-, Siapa yang tidak kenal gandum, dapat dipastikan hampir semua orang kenal makanan sehat yang satu ini. Gandum sudah menjadi salah satu makanan lezat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Sebagai makanan kaya nutrisi dan juga vitamin, maka tidak heran bila gandum juga telah menjadi bahan utama untuk membuat berbagai makanan olahan.

Bahwasannya gandum kaya akan kandungan karbohidrat, gandum telah dipercaya dapat menjadi makanan pokok alternatif untuk mengganti nasi putih. Beberapa manfaat ajaib dari konsumsi gandum untuk kesehatan. Apa saja itu? Nah sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Manfaat Gandum Bagi Kesehatan, ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai Apa yang dimaksud dengan gandum dan kandungan gizi yang terdapat pada gandum!.

Fakta Unik Mengenai Gandum

Manfaat gandum bagi kesehatan-, Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

manfaat gandum bagi kesehatanWarna biji gandum sendiri bermacam-macam. Ada yang berwarna merah, putih, dan kuning. Warna cokelat kemerahan adalah hasil dari adanya senyawa fenolik di dalam dedak. Sementara biji gandum putih memiliki kandungan rendah fenolat dan enzim kecokelatan. Ada lagi yang berwarna kekuningan, yaitu gandum durum yang menghasilkan tepung semolina. Warna ini didapat dari pigmen karotenoid yang disebut lutein.

Sejarah Mengenai Gandum

Sejarah dari tanaman gandum dimulai dari masyarakat prasejarah yang sudah mengenal sifat-sifat gandum dan tanaman biji-bijian lainnya sebagai sumber makanan dan sumber pangan bagi mereka. Berdasarkan penggalian arkeolog, diperkirakan gandum berasal dari daerah sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania, yaitu daerah sekitar Turki, Siria, Irak, dan Iran. Sejarah Cina menunjukkan bahwa budidaya gandum telah ada sejak 2700 SM. (Hariadi Ihsan, 2000).

Secara morfologi, biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ). Bagian kulit dari biji gandum sebenarnya tidak mudah dipisahkan karena merupakan satu kesatuan dari biji gandum tetapi bagian kulit ini biasanya dapat dipisahkan melalui proses penggilingan. Pada umumnya, kernel berbentuk ofal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. (Ilmi Irfan, 2010).

Kandungan Gizi yang terdapat pada Gandum

Manfaat gandum bagi kesehatan-, Gandum merupakan salah satu pangan yang kaya akan gizi, terutama karbohidrat, protein, serat, dan vitamin A. Oleh karena gandum mudah dicerna dan cukup membuat kenyang, tidak jarang orang yang mengoptimalkan manfaat gandum ini dengan memasukkannya ke dalam menu diet sehari-hari. Menurut beberapa penelitian, daerah lembaga menjadi bagian terbesar dari gandum yang paling kaya akan gizi. Bagian lembaga tersebut mengatakan bahwa gandum mengandung 80-85% karbohidrat, protein, serat, vitamin B1 (thiamin), vitamin E, dan beberapa mineral (trace element). Di industri pangan, gandum menjadi bahan baku yang sangat penting dalam pembuatan berbagai produk pangan, seperti roti, mie, biskuit, pasta, tepung terigu, oatmeal, dan lain–lain.

Biji gandum yang sudah diolah menjadi roti memiliki kandungan energi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mie dan nasi. Kandungan serat yang tinggi di dalam gandum memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga gandum cocok dikonsumsi sebagai menu diet sehat. Kandungan serat yang terdapat di dalam gandum juga sangat baik untuk sistem pencernaan karena dapat melancarkan proses pencernaan, mencegah sembelit dan dapat menyehatkan organ pencernaan.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam gandum mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Serat yang terdapat di dalam gandum dapat mengikat asam empedu dan lemak kolesterol yang akan dikeluarkan melaui feses. Serat di dalam gandum juga berfungsi sebagai zat anti kanker dan berperan sebagai pencegah penyakit jantung.

Gandum merupakan makanan yang memiliki kadar gula rendah. Hal itu akan membuat organ tubuh bekerja lebih ringan karena tidak perlu memproduksi insulin dalam jumlah banyak untuk mencerna dan menyerap nutrisinya. Gandum juga mempunyai kandungan nutrisi seperti asam folat, niasin, magnesium, vitamin E, vitamin B2, dan vitamin B6.

Baca juga : Manfaat Ampas Teh

Beberapa Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Untuk Kita Ketahui

Selain rasanya yang enak, gandum juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apalagi dikonsumsi secara rutin, bisa mengurangi risiko terkena stroke. Berikut manfaat lain dari tanaman gandum yang bermanfaat bagi kesehatan:

-Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukosa. Makanan yang mengandung gandum minimal 51% dan juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, berarti menurunkan resiko penyakit koroner dan beberapa jenis kanker. Selain itu, konsumsi secara teratur gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes dapat menjaga kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum.

-Mengurangi Peradangan Kronis

Gandum dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis, yang juga ditemukan dalam manfaat bayam. Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan. Konsumsi betaine mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh kita yang menjamin risiko yang lebih rendah peradangan kronis dan penyakit lain seperti osteoporosis, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe-2.

-Membersihkan darah

Dengan mengonsumsi gandum secara rutin setiap hari, sangat baik untuk membersihkan darah hingga mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kelainan darah.

-Menurunkan berat badan

Rutin mengonsumsi gandum bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi kalori dan menjaganya tetap terkontrol. Sangat baik untuk yang ingin atau sedang melakukan diet penurunan berat badan.

Mengkonsumsi gandum yang terbukti kaya akan serat membantu pelaku diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Karena makanan kaya serat mampu mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lama hingga mengerem nafsu makan dan memperlancar pencernaan. Jadi bagi anda yang ingin diet, tak perlu menghindari makan-makanan yang terbuat dari gandum, karena gandum terbukti sangat bermanfaat untuk diet, baik diet untuk mengurangi kolestrol dan gula darah, juga baik untuk diet mengurangi berat badan.

-Meningkatkan pencernaan

Gandum sangat kaya akan serat, oleh karena itu sangat membantu dalam pencernaan makanan. Gandum dapat membantu penderita sembelit karena bekerja sebagai pencahar alami. Dengan meningkatnya proses pencernaan, maka berat badan dapat berkurang atau mempertahankan berat badan yang sehat.

-Terhindar dari penyakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung, gandum adalah sahabat terbaik. Mengonsumsi gandum akan membuat jantung semakin sehat dan kuat.

-Mengurangi Peradangan Kronis

Gandum dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis, yang juga ditemukan dalam manfaat bayam. Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan. Konsumsi betaine mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh kita yang menjamin risiko yang lebih rendah peradangan kronis dan penyakit lain seperti osteoporosis, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe-2.

-Mencegah Batu Empedu

Dalam berbagai survei oleh American Journal of Gastroenterology, telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut, yang menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu. Selain gandum juga bisa ditambahkan serat larut dari manfaat buah-buahan dan sayuran tertentu seperti manfaat ketimun, tomat apel, pir. dan kacang-kacangan.

-Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Biji-bijian seperti gandum sangat efektif pada pasien dengan gangguan metabolisme. Jenis-jenis sindrom metabolik termasuk obesitas visceral,  trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi dapat dilindungi dengan gandum. Dokter merekomendasikan makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya. Diet gandum mungkin adalah cara yang paling efektif, cepat, dan menyenangkan untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh.

-Mencegah Asma Pada Anak

The American Lung Association, mengatakan bahwa sekitar 20 juta orang Amerika mengalami asma. Studi telah menyatakan bahwa biji-bijian dan ikan pada sebagian anak, dapat menurunkan kemungkinan asma. Studi Internasional Alergi dan Asma pada anak dibuktikan melalui banyak penelitian bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hampir 50%. Selama survei, diberikan diet khusus gandum, ikan dan biji-bijian dan menunjukkan penurunan hampir 66% dalam kemungkinan penyakit asma.

-Melawan Kanker Payudara

Penelitian di Inggris menemukan bahwa diet kaya serat sangat penting bagi wanita untuk menjaga kanker payudara. Makanan dari biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara.

Studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram gandum yang dikonsumsi sehari-hari, cukup bagi perempuan untuk mengurangi risiko kanker payudara. Laporan mengatakan bahwa wanita pra-menopause yang mengkonsumsi gandum m emiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan yang memakan serat dalam bentuk lain.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel yang kami kutip dapat bermanfaat untuk anda semua. Terus kunjungi situs https://caramemperbaikikinerjaginjal.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan update setiap harinya.

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s