Nutrisi Sehat Yang Di Butuhkan Wanita

Nutrisi Sehat Yang Di Butuhkan Wanita

Selamat datang, selamat menyimak artikel kami mengenai Nutrisi Sehat Yang Di Butuhkan Wanita!.

nutrisi sehat yang dibutuhkan wanitanutrisi sehat yang dibutuhkan wanitaNutrisi sehat yang dibutuhkan wanita | Wanita memerlukan gizi dan nutrisi yang sehat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Nutrisi yang sehat berguna bagi wanita karena bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti, gejala-gejala penuaan dini, kanker, osteoporosis, atau penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Berikut adalah nutrisi paling penting yang diperlukan setiap wanita :

  • Kalsium

Fungsi utama kalsium adalah untuk membantu membangun tulang yang kuat. Kalsium sangat penting bagi perempuan untuk masa tuanya, karena perempuan di atas usia 50 memiliki risiko lebih besar terkena osteoporosis. Produk susu, makanan yang diperkaya kalsium seperti susu kedelai dan jus yang diperkaya sumber kalsium sangat baik dikonsumsi wanita. Wanita di bawah usia 50 dan wanita hamil membutuhkan 1.000 miligram kalsium setiap hari. Wanita lebih dari 50 membutuhkan 1.200 miligram per hari.

  • Magnesium

Kekurangan(defisiensi) magnesium rupanya sering terjadi di kalangan wanita. Penyebabnya karena magnesium banyak hilang selama masa menstruasi (datang bulan). Magnesium diperlukan untuk membantu fungsi otot dan system saraf agar bisa bekerja dengan baik. Magnesium juga berperan penting untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan juga membantu menguatkan tulang.

  • Seng

Seng (zinc) merupakan mineral esensial yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi system imun, pertumbuhan fetus, dan berperan dalam kesehatan reproduksi. Wanita yang sedang atau yang ingin hamil dan yang sedang menyusui butuh lebih banyak asupan zinc. Zinc juga dapat meringankan gejala-gejalan dan keluhan pada kasus premenstruasi.

  • Zat Besi

Jika anda selalu merasa lelah, Anda mungkin memiliki kekurangan zat besi. Zat besi membantu sel-sel oksigenat. Hasil defisiensi zat besi pada anemia, yang membuat Anda merasa lelah. Daging, makanan laut, sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan sereal merupakan sumber zat besi yang baik.

  • Vitamin D

Tubuh anda membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium, yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Vitamin D sangat penting untuk mempertahankan massa tulang. Tanpa cukup vitamin D, tulang cenderung menjadi rapuh dan tipis, yang mengarah kepada osteoporosis. Beberapa produk susu mengandung vitamin D, begitu juga dalam ikan berlemak, seperti salmon dan tuna mengandung vitamin D.

  • Asam Folat

Asam folat, juga dikenal sebagai folat, meningkatkan sintesis DNA dan membantu pembelahan sel. Asam folat merupakan nutrisi penting bagi wanita usia subur tahun. Mengkonsumsi asam folat yang cukup sangat diperlukan selama wanita menjalani kehamilan agar bayi lahir dengan sehat. Asam folat terkandung dalam sayuran berdaun hijau, jus buah, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Wanita membutuhkan setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari.

  • Protein

Untuk tulang kuat, otot, dan kulit yang sehat, protein adalah kebutuhan mutlak. Protein membantu membangun kekebalan, memecah makanan, dan mengelola metabolisme. Daging merah, seafood, unggas, telur, dan kacang-kacangan kaya dengan protein. Seorang wanita membutuhkan 46 gram protein setiap hari.

  • Serat

Serat diperlukan untuk pencernaan dan mencegah penyakit jantung, karena menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Wanita di bawah 50 membutuhkan setidaknya 25 gram serat per hari. Sumber serat yang baik adalah kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan roti gandum.

  • Vitamin C

Wanita membutuhkan Vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merusak kolagen, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Buah jeruk, brokoli dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Perempuan membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari.

  • Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Perempuan harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak (mackerel, tuna dan salmon) dalam seminggu. Flaxseed dan kenari merupakan juga sumber asam lemak omega-3.

Itulah sedikit kutipan mengenai Nutrisi sehat yang dibutuhkan wanita. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh anda disetiap harinya bila anda ingin mempunyai tubuh yang sehat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://caramemperbaikikinerjaginjal.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Nutrisi Seha Yang Dibutuhkan Wanita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s